Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA pada kelas IV di SD Negeri 27 Salibawan masih kurang efektif serta penyampaian guru masih konvensional sehingga siswa enggan mendengarkan penjelasan guru serta minat dan hasil belajar siswa juga kurang. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dan meningkatkan minat serta hasil belajar siswa kelas IV setelah metode diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri 27 Salibawan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil Penelitian : (1) Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dilakukan dalam 2 siklus. (2) penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya minat, pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan guru, ketuntasan belajar meningkat dari masing masing siklus I ( 65%), dan siklus II ( 88%). Simpulan melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024