Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri 27 Salibawan Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perpindahan Energi Panas Dengan Metode Eksperimen

Yetmawarni, Yetmawani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA pada kelas IV di SD Negeri 27 Salibawan masih kurang efektif serta penyampaian guru masih konvensional sehingga siswa enggan mendengarkan penjelasan guru serta minat dan hasil belajar siswa juga kurang. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dan meningkatkan minat serta hasil belajar siswa kelas IV setelah metode diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri 27 Salibawan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil Penelitian : (1) Penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dilakukan dalam 2 siklus. (2) penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya minat, pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan guru, ketuntasan belajar meningkat dari masing masing siklus I ( 65%), dan siklus II ( 88%). Simpulan melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...