Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA yang ditemukan di UPT Sekolah Dasar Negeri 010 Pangkalan Serik dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa dan model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menggunakan model pembelajaran Examples non examples yang memungkinkan siswa untuk mengingat materi yang banyak dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang menggunakan 4 tahapan dalam pembelajarannya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada pembelajaran ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III UPT Sekolah Dasar Negeri 010 Pangkalan Serik yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil belajar siswa pada kegiatan prasiklus diperoleh rata-rata 69,71 % dengan kategori cukup. Pada siklus I diperoleh rata-rata 71,43 % dengan kategori cukup dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 77,5 % dengan kategori baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 58,04 % dengan kategori cukup pada siklus 2 meningkat menjadi 75,60 % dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III UPT Sekolah Dasar Negeri 010 Pangkalan Serik Tahun ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2024