Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SDN 1 Way Terusan SP1. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan penelitian ini untuk memaparkan Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic EducationSiswa SD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus tedapat dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus I pertemuan I mencapai (20%), pertemuan II meningkat menjadi (50%) sedangkan pada siklus II pertemuan I (75%), dan pertemuan II meningkat menjadi (85%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika materi penjumlahan pada kelas III SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024