Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penggunaan Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Novita, Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik di SDN 48 Payakumbuh. Dengan menggunakan pendekatan saintifik model discovery learning ternyata dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui ditunjang menggunakan Metode Pemberian Tugas dapat meningkatan hasil belajar PPKN pada peserta didik Kelas III SDN 48 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu masing-masing padaprasiklus rata- rata nilai pengetahuan 73,12 = 63%, rata- rata nilai keterampilan 73,12 = 63%, Pada Siklus I rata- rata nilai pengetahuan 75,00 = 69%, rata- rata nilai keterampilan 72,50 = 69%,.pada siklus II rata- rata nilai pengetahuan 90,00= 88%, rata- rata nilai keterampilan 90,63= 94%. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, pengumpulan data dan refleksi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...