Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Di Kelas III SD Negeri 12 Sibiruang

Safitri, Ermas (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya materi pecahan sederhana pada siswa kela III SD Negeri sibiruang tahun 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 012 Sibiruang yang berjumlah 18 orang yang tercatat pada tahun ajaran 2022-2023. Setiap akhir siklus diadakan penilaian sebagai tolak ukur untuk menentukan tindakan selanjutnya. Data yang diambil berupa tes akhir siklus, observasi aktivitas guru dan siswa setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas III SDN 12 Sibiruang. Pada penerapan model pembelajaran kooperatif ini, tes siklus l siswa yang tuntas 6 orang (33%) Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat 17 orang (94%). Model ini sangat bagus karena komunikasi antar siswa secara informal membuat siswa cepat memahami suatu materi yang sedang dibahas. Siswa yang agak terlambat menerima materi pelajaran, dengan penjelasan temannya yang lebih pandai, akan lebih mudah menerima dan memahami materi yang sedang didiskusikan, di samping mereka juga terlatih untuk belajar mendengarkan pendapat orang lain. Pada hasil observasi ditemukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran koopeatif bisa meningkatkan tingkat ketuntasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...