Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Dengan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Di SD

Hamidin, Raja (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat belajar siswa kelas III Pada Bidang Studi Matematika di SD Negeri 016 Banjar Lopak Kecamatan Benai 2) Untuk mengetahui Penerapan model Project Based Learning (PJBL Pada Mata pelajaran Matematika dalam upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa di SD Negeri 016 Banjar Lopak Kecamatan Benai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD N 016 Banjar Lopak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi Riau yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas III Pada Bidang Studi Matematika di SD Negeri 016 Banjar Lopak Kecamatan Benai Pada Siklus I Minat Belajar Siswa termasuk dalam kriteria Sedang (41-60%). Pada siklus II ketuntasan Minat belajar siswa secara klasikal telah tercaMatematika yaitu termasuk dalam kriteria tinggi (61-80%). Penerapan model Project Based Learning (PJBL Pada Mata pelajaran Matematika dalam daat meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Negeri 016 Banjar Lopak Kecamatan Benai dengan semakin aktif dalam proses pembelajaran dan menghasilkan project sesuai yang diharapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...