Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 2 (2024)

Modul Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Diartika, Eka Imbia Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) tentang pencemaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Malang, dengan fokus meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa biologi. Dalam konteks pendidikan abad ke-21, keterampilan berpikir kritis menjadi kunci utama, namun data Program for Indonesia Student Assessment (PISA) menunjukkan rendahnya penguasaan keterampilan tersebut di Indonesia. Model ADI dipilih karena mendorong peserta didik untuk melakukan penelitian, menyajikan argumen ilmiah, dan membuat pembelajaran lebih kontekstual. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 3 kelas, yaitu kelas yang diajarkan dengan modul ADI, model ADI, dan power point. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang menggunakan modul ADI, dibandingkan dengan model ADI dan PowerPoint. Meskipun dilaksanakan secara daring, modul ADI efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan menyajikan materi pencemaran sampah dari TPA Supit Urang Malang secara kontekstual. Penerapan modul ADI dapat menjadi solusi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...