Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 2 (2024)

Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Multimedia Pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negri 012 Gunung Sahilan

Rahmaniar, Rahmaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan proses dan hasil pembelajaran dalam kemampuan dan keterampilan membaca puisi menggunakan model pembelajaran multimedia pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Sekolah Dasar Negri 012 Gunung Sahilan Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, penugasan, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan peningkatan dalam proses pembelajaran, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran multimedia berhasil meningkatkan proses pembelajaran (perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi) serta kemampuan dan keterampilan membaca puisi siswa (intonasi, lafal, volume, gestur, dan mimik) pada setiap siklus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...