Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan proses dan hasil pembelajaran dalam kemampuan dan keterampilan membaca puisi menggunakan model pembelajaran multimedia pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Sekolah Dasar Negri 012 Gunung Sahilan Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, penugasan, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan peningkatan dalam proses pembelajaran, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran multimedia berhasil meningkatkan proses pembelajaran (perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi) serta kemampuan dan keterampilan membaca puisi siswa (intonasi, lafal, volume, gestur, dan mimik) pada setiap siklus.
Copyrights © 2024