Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri 013 Pongkai. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanak melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat siswa yang sangat aktif sebanyak 2 orang (22,22%), siswa yang aktif sebanyak 6 orang (66,66%), dan siswa yang cukup aktif sebanyak 1 orang (11,11%), sehingga dalam siklus I ini termasuk kategori aktif dengan rata-rata 59,62%. Dan pada siklus II, siswa yang sangat aktif sebanyak 6 orang (66,66%) dan siswa yang aktif sebanyak 3 orang (33,33%), sehingga dalam siklus II ini termasuk kategori sangat aktif dengan rata-rata 78,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 013 Pongkai.
Copyrights © 2024