Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 2 (2024)

Peningkatan Aktivitas Belajar IPA dengan menggunakan Model Picture And Picture Siswa Sekolah Dasar Negeri 006 Setiang

Zukriani, Zukriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas II SDN 006 setiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang aktif pada pra siklus sebanyak (36,11%), pada siklus I meningkat sebanyak (44,44%) dan pada siklus II sebanyak (86,11%) telah mencapai indikator Ketuntasan penelitian. Dengan demikian berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal sudah mencapai 86%,sehingga Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...