Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 2 (2024)

Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 012 Sibiruang Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Sapitri, Erma (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SD Negeri 012 Sibiruang menggunakan pendekatan pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dan langkahnya terdiri dari, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek PTK ini adalah siswa kelas III SD Negeri 012 Sibiruang dengan jumlah 10 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan pendekatan pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas III SD Negeri 012 Sibiruang. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil aktivitas siswa pada siklus I ada 4 siswa atau 40% dari seluruh siswa yang sudah tuntas dari keseluruhan aktivitas yang dinilai. Sedangkan pada siklus II ada 7 siswa atau 70% dari seluruh siswa yang sudah tuntas dari keseluruhan aktivitas yang dinilai. Hal ini berarti mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dengan persentase yang sudah masuk kategori baik yaitu 70-79%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...