Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 2 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri Pada Muatan Pembelajaran PPKn Melalui Model Project Based Learning Metode Demonstrasi di Kelas 1 SD Negeri 36 Payakumbuh

Hardinawati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan membahas tentang penggunaan model Project Based Learning metode demosntrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas 1 SD Negeri 36 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan berdasarkan langkah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa hasil tes, observasi pembelajaran, catatan lapangan, dan dokumentasi dari setiap tindakan perbaikan pembelajaran. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan pembelajaran. Data diperoleh dari subjek terteliti, yakni guru dan peserta didik kelas I. yang berjumlah 19 orang yang dilaksanakan bulan Januari s.d Maret 2023. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model project based learning metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan dan keterampilan. Hasil belajar aspek pengetahuan mengalami peningkatan yakni 68,94 pada kegiatan prasiklus meningkat menjadi 78,94 di siklus I, meningkat lagi menjadi 86,31 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,37. Hasil belajar aspek keterampilan memperoleh rata-rata 71,05 pada prasiklus meningkat menjadi 74,73 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,26 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 14,21. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka kesimpulan dari penelitian menggunaan model Project Based Learning metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...