Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap peningkatan hasil belajar materi perubahan wujud benda kelas II SD. Jenis peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 005 Rokan IV Koto dengan jumlah 9 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa essay, Data yang telah dikumpulkan, dianalisis dengan tabel dan grafik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada siklus 1 dari 55,5% siswa belum tuntas pada siklus 2 presentase ketuntasan mencapai 100%. Dengan adanya perbedaan yang signifikan ini membuktikan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar materi perubahan wujud benda Kelas II SDN 005 Rokan IV Koto. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, penelitian ini memiliki implikasi antara lain: Bagi Siswa (Pendekatan Contextual Teaching and Learning memberikan kesempatan kepada siswa lebih banyak untuk memanfaatkan linkungan dalam mempelajari materi). Bagi Guru (mampu menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran lain) dan bagi sekolah (alternatif untuk meningkatkan kualitas akademik).
Copyrights © 2024