Bagi pengajar di Indonesia, pembelajaran di masa pandemi dengan menggunakan sarana internet merupakan sebuah kesulitan. Supervisi akademik diperlukan dalam rangkaimeningkatkan standar pembelajaran online. Tujuanipenelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai prosedur pelaksanaan supervisi akademik TK Tunas Merak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di TK Tunas Merak. Pelaksanaan penelitian tindakan sekolahidilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap siklus dilaksanakan empat kegiatan utama yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalamipenelitian ini adalah guru. Instrumen pengambilan dataimelalui observasi dan dokumentasi. Hasilipenelitian menunjukkan bahwa dalamipembelajaran daring nilai rata-rata siklusnya I sebesar 75,8 yang berarti efektivitas pembelajaran daring yang dilakukan guru dinilai cukup namun perlu lebih ditingkatkanilagi agar mencapai tingkatiyang maksimal. Kemudian penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnyaiyaitu siklus II. Hasil padaisiklus II menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring guru berada pada tingkat tinggi. Hal iniidibuktikan dengan rerata skor yang dicapai pada penilaian siklus II sebesar 87,5 sampai mencapai target skor maksimal yaitu 86. Hasil supervisi akademik dijadikan pedoman refleksi dalamimeningkatkan kinerjaiguru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023