MAXIMAL
Vol 1 No 5 (2024): Juni

Pengaruh Metode Mnemonik terhadap Daya Ingat Siswa pada Konsep Trigonometri

Junadelvia Tandungan (Politeknik Ilmu Pelayaran Balikpapan)



Article Info

Publish Date
08 May 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen untuk mengetahui pengaruh metode mnemonic terhadap daya ingat siswa pada konsep trigonometri. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X SMA Kristen Rantepao. Instrument yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari angket daya ingat dan tes hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah One – Shot Case Study. Berdasarkan hasil penskoran angket daya ingat diperoleh 75% siswa dengan kategori daya ingat tinggi dan tes hasil belajar diperoleh 87,6% siswa yang tuntas dalam pembelajaran setelah dilakukan metode mnemonic. Hasil pengolahan data dengan menguji hipotesis menggunakan one sample t-test diperoleh hasil perhitungan thitung = 2,290 dan ttable(0,025:31) = 2,039 . Karena 2,290 > 2,039 atau thitung > ttabel, maka H0 ditolak, artinya metode mnemonik berpengaruh terhadap daya ingat siswa pada konsep trigonometri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAKSI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

MAXIMAL JOURNAL is accepts manuscripts of research results and study results that bring up scientific and actual ideas in the fields of Social, Political, Law, Economics, Culture, Technology, and Education both in Indonesian and ...