Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kalangan siswa UPT SD Negeri 067244 Kelas IV yaitu sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dan hasil belajarnya masih rendah. Hal ini terjadi karena guru hanya menggunakan metode pohon faktor dalam pembelajaran, tidak menggerakkan semangat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan Dakota karena dengan menggunakan Dakota siswa dapat terlibat secara aktif dan dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Adapun pendekatan atau metode yang kami gunakan yaitu Participatory Action Researc(PAR) adalah pendekatan penelitian yang melibatkan partisispasi aktif dari kelompok masyarakat yang menjadi subjek penelitian, metode ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan yang relevan, bermanfaat, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 067244 kelas IV. Dengan adanya alat peraga matematika dakota yang berisis mengenai KPK dan FPB, maka siswa dapat mudah memahami dan memecahkan soal mengenai KPK dan FPB dengan menggunakan alat peraga.
Copyrights © 2023