Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menumbuhkan karakter agama siswa di SMAN 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri, yaitu: guru, pendidik, panutan, penguat iman, sumber belajar, fasilitator, manajer kelas, mentor, motivator. Faktor Pendukung: a. Kurikulum kami sudah menggunakan kurikulum revisi 2017 b. faktor keluarga c. Lingkungan sekolah dan aturan sekolah. d. lingkungan tempat tinggal siswa. e. Pendekatan guru terhadap siswa. Faktor penghambat: a. Latar belakangnya berasal dari keluarga rumah yang hancur kemudian asosiasi yang buruk di antara teman -teman. B. pengaruh yang sangat kuat dari alumni c. sikap dan perilaku siswa. d. Niat siswa yang tidak pandai di awal sekolah. Dari penjelasan ini, dapat dilihat bahwa fokus penelitian adalah sebagai berikut (1) Bagaimana karakter agama siswa di Sman 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri (2) Apa peran guru Pai dalam menumbuhkan karakter agama dari Siswa di Sman 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri (3) Apa faktor pendukung dan hambatan dalam menumbuhkan karakter agama di Sman 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis melakukannya melalui pengurangan data, presentasi data, verifikasi dan kesimpulan data.
Copyrights © 2024