Pendekatan pengajaran fisika telah berubah dari sekadar menghafal rumus dan konsep menjadi lebih berfokus pada pemahaman konsep dan pengembangan karakter peserta didik. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan mengintegrasikan sejarah sains dan filsafat sains dalam pengajaran fisika. Sejarah sains memberikan konteks evolusi teori fisika, memungkinkan peserta didik untuk melihat perkembangan konsep-konsep fisika seiring waktu. Hal ini dapat membantu peserta didik untuk memahami relevansi dan aplikasi dari konsep-konsep tersebut. Filsafat sains membantu peserta didik untuk memahami asumsi-asumsi yang mendasari teori-teori fisika. Hal ini dapat berkontribusi pada pengembangan pemikiran kritis peserta didik, memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi konsep fisika dengan lebih dalam dan lebih reflektif. Selain manfaat akademis, pendekatan ini juga berdampak pada pendidikan karakter. Pengajaran fisika yang memasukkan sejarah dan filsafat sains membantu peserta didik memahami nilai-nilai seperti kejujuran, ketekunan, dan semangat belajar dalam konteks ilmiah. Hal ini memperkuat kontribusi positif pendidikan terhadap karakter peserta didik. Pendekatan yang mengintegrasikan sejarah sains dan filsafat sains dalam pengajaran fisika memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan memperkuat pendidikan karakter peserta didik. Pendekatan ini tidak hanya relevan dengan tujuan pengajaran fisika modern, tetapi juga dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode kwalitatif serta metode kwantitatif dari data peserta didik MTsN 5 Sumedang
Copyrights © 2024