Pendidikan yang holistik dan menyeluruh harus memperhatikan kebutuhan dan keinginan setiap murid secara individu. karena itu merupakan faktor utama dalam membentuk pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kebutuhan dan keinginan siswa di TK Katolik Indriyasana VII Surabaya dengan fokus pada pengembangan kreatif untuk memberikan edukasi pentingnya pola hidup hemat yang perlu ditanamkan sejak dini di Taman kanak-kanak. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, diharapkan dapat mengembangkan pendekatan kreatif dalam memberikan edukasi mengenai pentingnya berhemat kepada para siswa.. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif,yang melibatkan observasi dan terlibat langsung pada kegiatan belajar mengajar di TK Katolik Indriyasana VII Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap kebutuhan siswa membantu dalam merancang program pembelajaran yang relevan. Dengan demikian para siswa TK dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hasil kegiatan ini mencerminkan respon positif dengan peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya berhemat dan kecermatan dalam mengelola keuangan pribadi mereka.
Copyrights © 2024