Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 2 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Konsumsi Islami pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Yayasan Baitul Maal PLN di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Pikri, Adpen (Unknown)
Setyawan, Romi Adetio (Unknown)
Alfiah, Esti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Inti dari eksplorasi ini adalah untuk membedah standar pemanfaatan dalam Islam di kalangan mahasiswa penerima dana hibah YBM PLN di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Landasan pendalaman ini adalah untuk melihat apakah ada perubahan besar dalam pola pemanfaatan mahasiswa setelah mendapat hibah, menurut pandangan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang langsung dikaitkan dengan pokok bahasan yang hendak diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar pemanfaatan dalam Islam berdampak pada pilihan pembelian mahasiswa penerima hibah YBM PLN di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Mahasiswa memperhatikan prinsip keadilan dalam menentukan sumber dana uang jajan, memastikan kehalalan barang yang dikonsumsi, menerapkan prinsip kebersihan dalam jenis makanan dan kebiasaan konsumsi, serta menjalankan kesederhanaan dalam memilih produk. Selain itu, mereka menunjukkan kemurahan hati melalui sedekah dan zakat, serta mempraktikkan moralitas dengan berdoa sebelum mengonsumsi produk yang dibeli. Perubahan signifikan terlihat dalam pola konsumsi mahasiswa setelah menerima beasiswa, terutama dari perspektif Islam. Uang jajan yang sebelumnya digunakan untuk membayar UKT kini dialokasikan dengan tepat sesuai kebutuhan. Namun masih sedikit mahasiswa yang umumnya akan memanfaatkan uang tersebut untuk membeli barang-barang yang dibutuhkannya, tidak hanya untuk keperluan konsentrasi saja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...