Konsep kurikulum merupakan bentuknya kemerdekaan pada berpikir telah di tetapkan oleh pendidik dengan makna bahwa yang menjadi tombak utama ialah pendidik dalam membantu kesuksesan pada pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan konsep model inovasi kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini ialah literature review, dengan menggunakan artikel jurnal yang telah dikumpulkan dari kurun waktu 2018-2022. Berdasarkan artikel jurnal yang telah digunakan didapatkan hasil sebagai berikut (a)Berfokus kepada masyarakat, dengan sumber belajar menggunakan buku teks atau masyarakat itu sendiri. Bersikap disiplin dalam kelas ialah kewajiban bersama bukan berasaskan terpaksa. Titik pusat yang utama pada metode mengajar ialah dengan memecahkan masalah agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan dari segala pihak. Skema besar pada pembelajaran diantaranya darmawisata, serta narasumber dari survei masyarakat itu. (b) bagian-bagian inovasi dari KTSP diantaranya mengandung penerapan pembelajaran kecakapan hidup, serta mengembangkan diri dari segi karakteristik, dan kebutuhan lainnya.(c) Persiapan pengkajian ialah yang menjadi bagian penting dalam administrasi pembelajaran meliputi silabus, dan RPP. Setelah selesai dalam penyusunan RPP, beralih pada pelaksanaan pembelajaran yang berfokus pada 3 point, yaitu: pendekatan ilmiah yang proses pembelajarannya dilakukan di dalam kelas, pengkajian berdasarkan rencana dan pengkajian berasaskan kasus. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 ialah penilaian autentik, berbagai jenis model tes seperti observasi, porto folio; (d) Kebijakan yang utama ialah penyelenggaraan asesemen nasional, kompetensi serta survei karakter, yang mana asesemen di tekankan pada literasi dan numerasi siswa. Kedua, fasilitas pengkajian yang berasaskan internet of things, augemented reality dan pemakaian artifical intelligence psada pengkajian. Kata Kunci: Inovasi Kurikulum, Konsep, Pembelajaran.
Copyrights © 2022