Penelitian ini dilakukan di SMK Maestro Banjarmasin yang bertujuan untuk mengetahui Penggunakan Contextual Teaching And Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ketentuan Zakat di SMK Maestro Banjarmasin. Contextual teaching and learning (CTL) disebut pendekatan kontekstual karena konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MM yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Analisis N-Gain Score dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Pre Test dan Post Test, Hasil penelitan didapatkan peningkatan yang signifikan terjadi dari nilai rata-rata hasil test, dimana hasil test secara klasikal pada pra siklus yaitu 50% mengalami peningkatan pada saat Post Test siklus I menjadi 72,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,5% dengan presentase nilai N Gain Score pada siklus 1 sebesar 0,59 kemudian meningkat pada siklus II sebesar 0,78, Dengan demikian penerapan Contextual teaching and learning (CTL) dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75% secara klasikal dan rata-rata hasil belajar peserta didik telah mencapai KKM nilai 70 secara individual.Saran dalam penelitian ini adalah yang pertama bagi sekolah diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan dan sumbangan pemikiran terutama berkaitan dengan upaya meningkatkan hasil belajar siswa, yang kedua bagi Guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai motivasi bagi guru-guru yang lain untuk melaksanakan metode pembelajaran yang tepat, dan yang ketiga bagi siswa penelitian ini siswa lebih termotivasi dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Contextual Teaching And Learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021