AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
AL GHAZALI, Vol. 1, No. 2, Desember 2021

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS MELALUI DARING

Rahmad Hidayat (STAI Al Jami Banjarmasin)
Ahmadi Hairel (STAI Al Jami Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini yang menjadi subjek adalah 1 orang guru mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan siswa kelas XI yang terdaftar di Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala pada tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits Melalui Daring Di Kelas XI Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, angket melalui daring, wawancara dan dokumenter. Setelah data diperoleh lalu diadakan editing data, klasifikasi data, dan skoring, kemudian ditabulasikan dan interpretasi data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif dalam menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini terungkap bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits Melalui Daring Di Kelas XI Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala sudah berjalan cukup baik. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor yaitu latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan profesi keguruannya, penguasaan guru terhadap penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, kedisiplinan guru yang tergolong baik, cara pembelajaran yang tergolong baik, penerapan metode yang cukup bervariasi, perasaan rugi siswa ketika tidak mengikuti pembelajaran Al Qur’an Hadits melalui daring yang tergolong cukup baik, kehadiran siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Al Qur’an Hadits melalui daring tergolong cukup baik, minat siswa terhadap mata pelajaran Al Qur’an Hadits tergolong baik, minat siswa terhadap cara belajar melalui daring tergolong cukup baik, kesempatan bertanya yang diberikan kepada siswa tergolong cukup baik, tingkat keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran Al Qur’an Hadits melalui daring tergolong kurang baik, kebiasaan belajar siswa dalam mempelajari kembali materi pelajaran tergolong cukup baik, kedisiplinan siswa dalam mengerjakan dan menyerahkan tugas tergolong baik, fasilitas dalam mengikuti pembelajaran Al Qur’an Hadits melalui daring menggunakan paket data/kouta, pembelajaran Al Qur’an Hadits melalui daring tergolong cukup hemat dalam penggunaan paket data, semua siswa smartphone, buku pegangan siswa cukup banyak yang belum memiliki, jaringan internet di tempat guru keadannya kurang mendukung berbeda dengan keadaan di tempat siswa yang mendukung (lancar). Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran Al Qur’an Hadits, Daring

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AL_GHAZALI

Publisher

Subject

Religion Education

Description

AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Jami Banjarmasin. Jurnal ini dikhususkan untuk memuat tulisan dalam bentuk hasil penelitian pendidikan Islam, atau gagasan tertulis dalam bentuk karya ilmiah dengan ...