Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran akidah akhlak berpengaruh terhadap perilaku siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara. Motode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 221 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu teknik sampling yang digunakan oleh penelitian jika penelitian mempunyai kriteria tertentu dalam mengambil sampelnya. Adapun kriteria yang ditetapkan pada pengambilan sampel bertujuan ini adalah kelas yang memiliki perilaku terhadap pembelajaran akidah akhlak yaitu kelas VA dan VB yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui obesrvasi, dukumentar dan penyebaran angket. Data diolah dengan Teknik editing, koding, skoring, tabulanting dan interptretasi data serta menggunggunakan metode peneltian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini pembelajaran Aqidah berpengaruh terhadap perilaku atau akhlak siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara sebesar 0,94. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 88,36% menunjukkan bahwa pengaruh pendidikan aqidah akhlak sebesar 88,36% dapat menentukan perilaku siswa, sisanya (11,64%) karena pengaruh faktor lain.
Copyrights © 2023