AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
AL GHAZALI, Vol. 3, No. 1, Juni 2023

Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara

Helyatul Zahra (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai)
Ahmad Dzaky (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai)
Syahrani (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran akidah akhlak berpengaruh terhadap perilaku siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara. Motode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 221 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu teknik sampling yang digunakan oleh penelitian jika penelitian mempunyai kriteria tertentu dalam mengambil sampelnya. Adapun kriteria yang ditetapkan pada pengambilan sampel bertujuan ini adalah kelas yang memiliki perilaku terhadap pembelajaran akidah akhlak yaitu kelas VA dan VB yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui obesrvasi, dukumentar dan penyebaran angket. Data diolah dengan Teknik editing, koding, skoring, tabulanting dan interptretasi data serta menggunggunakan metode peneltian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini pembelajaran Aqidah berpengaruh terhadap perilaku atau akhlak siswa di MIN 24 Hulu Sungai Utara sebesar 0,94. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 88,36% menunjukkan bahwa pengaruh pendidikan aqidah akhlak sebesar 88,36% dapat menentukan perilaku siswa, sisanya (11,64%) karena pengaruh faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AL_GHAZALI

Publisher

Subject

Religion Education

Description

AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Jami Banjarmasin. Jurnal ini dikhususkan untuk memuat tulisan dalam bentuk hasil penelitian pendidikan Islam, atau gagasan tertulis dalam bentuk karya ilmiah dengan ...