Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan kemandirian belajar peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 1 Sewon dengan menerapkan model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 1 Sewon yang berjumlah 30 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan satu pertemuan disetiap siklusnya dan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret tahun 2024. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dengan kriteria keberhasilan lebih dari 70% peserta didik mempunyai kemampuan numerasi dan kemandirian belajar minimal pada kategori tinggi berdasarkan hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan numerasi dan kemandirian belajar peserta didik kelas XI-5 SMA Negeri 1 Sewon. Peningkatan kemampuan numerasi peserta didik terlihat dari hasil tes yang menunjukkan 26,67% peserta didik memiliki kemampuan numerasi minimal tinggi pada pra tindakan, kemudian menjadi 83,33% peserta didik memiliki kemampuan numerasi minimal tinggi pada siklus ke-3. Sedangkan peningkatan kemandirian belajar peserta didik terlihat dari hasil angket yang menunjukkan 56,67% peserta didik memiliki kemandirian belajar minimal tinggi pada pra tindakan, menjadi 76,67% peserta didik memiliki kemandirian belajar minimal tinggi pada siklus ke-3. Berdasarkan peningkatan tersebut, kemampuan numerasi dan kemandirian belajar peserta didik pada siklus ke-3 telah memenuhi kriteria berhasil penelitian yaitu lebih dari 70% peserta didik mempunyai kemampuan numerasi dan kemandirian belajar minimal pada kategori tinggi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024