Sebagai bagian dari Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), tim Humas, Media dan Protokol Masjid Istiqlal tidak hanya memiliki hubungan dengan pihak internal, melainkan juga dengan pihak eksternal, yaitu pengunjung maupun jama’ah. Perkembangan teknologi, new media, memberikan kerentanan terhadap terpaan isu – isu negatif yang tidak dapat dihindarkan. Sehingga salah satu fungsi dari tim Humas, Media dan Protokol Masjid Istiqlal, antara lain untuk menjaga citra positif yang telah dibangun. Penulis melakukan riset kualitatif dengan metode in depth interview untuk mendeskripsikan peran tim Humas, Media dan Protokol Masjid Istiqlal di dalam menjaga citra positif, sesuai dengan visi Masjid Istiqlal. Poin – poin pertanyaan wawancara meliputi identitas, kegiatan serta strategi atau peran Humas Masjid Istiqlal. Setelah hasil penelitian dianalisis, dapat di deskripsikan bahwa tim Humas menerapkan metode manajemen isu dalam menjaga citra positif Masjid Istiqlal melalui 5 tahapan, yaitu Deteksi, Pencegahan, Penahanan, Pemulihan dan Belajar. Penerapan berbagai metode manajemen isu perlu untuk dikaji serta dikembangkan lebih dalam, khususnya bagi tim Humas, sehingga dapat mengikuti perkembangan isu yang semakin beragam.
Copyrights © 2024