Hasil belajar siswa masih dikategorikan rendah disebabkan oleh model dan metode pembelajaran yang kurang memadai dan tidak berdasarkan kebutuhan belajar siswa, serta materi sistem sirkulasi yang masih dianggap sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian ini, guna mengetahui bagaimana penggunaan pembelajaran berdiferensiasi dan model Discovery Learning sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar terhadap materi sistem sirkulasi siswa di SMAN 2 Natar kelas XI IPA 2. Jenis penelitian, yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian, yakni siswa kelas XI IPA 2 SMAN 2 Natar sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yakni dengan pengamatan atau observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta tes kognitif. Analisis data dilakukan melalui analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 60,61% dan siklus II diperoleh 90,91%. Nilai rerata hasil belajar siswa sebesar 74,24 disiklus I, dan 81,52 disiklus II. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran Discovery Learning bisa diterapkan serta guna meningkatkan hasil belajar peserta didik SMAN 2 Natar di kelas XI IPA 2 terhadap materi sistem sirkulasi. Penelitian ini dapat mendukung pengembangan metode pembelajaran yang lebih adaptif dan efektif di lingkungan pendidikan.
Copyrights © 2024