Metode pembelajaran Biologi di SMAN 7 Kota Serang masih bersifat konvensional, yaitu berupa metode ceramah dan diskusi. Hal ini menyebabkan rendahnya minat siswa terhadap pelajaran Biologi. Salah satu topik yang kurang diminati siswa adalah tentang golongan darah karena penyampaian materinya hanya menggunakan metode ceramah dan tidak pernah menggunakan metode praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap praktikum uji golongan darah pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 61 siswa kelas XI MIPA yang dipilih secara acak. Minat belajar siswa terhadap praktikum golongan darah berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,31%. Indikator minat belajar dengan nilai rata-rata tertinggi yaitu ketertarikan siswa terhadap praktikum, yaitu 73,29% dan termasuk kategori cukup. Dari temuan penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa pembelajaran biologi melalui praktikum uji golongan darah dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Implikasinya yaitu guru sebaiknya menggunakan metode praktikum pada materi biologi yang dapat menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran Biologi.
Copyrights © 2024