Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih mendalam tentang hakikat metode, materi, dan alat dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada studi kasus implementasi model pembelajaran "Market Place Activity" di SMK Negeri 2 Samarinda untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode pembelajaran yang diimplementasikan bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa, khususnya dalam konteks PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul akan dianalisis secara mendalam untuk menggali informasi tentang keefektifan model pembelajaran "Market Place Activity" dalam meningkatkan motivasi belajar PAI. Dari hasil wawancara mendalam dan penilaian checklist, yang didukung oleh triangulasi, muncul dua temuan pokok sebagai sorotan utama dalam studi kasus ini: (1) Model pembelajaran Market Place Activity (MPA) dapat menciptakan atmosfer belajar yang lebih antusias bagi siswa. Hal ini terbukti dari partisipasi aktif siswa dalam proses pengajaran dan pembelajaran, ditandai dengan keinginan mereka untuk bertanya dan menyatakan pendapat. (2) Model Market Place Activity (MPA) juga dapat membentuk karakter siswa secara langsung, terbukti dari rasa tanggung jawab mereka terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian, model Market Place Activity (MPA) dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Samarinda dapat berkontribusi untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran secara keseluruhan bagi siswa.
Copyrights © 2023