Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 7 No. 1: JANUARI 2024

Pengembangan Metode Integrasi Tajwid dan Nagham (Seni Baca Al-Quran) dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan dan Hafalan Al-Quran di Sekolah Dasar: Development of Tajwid and Nagham Integration Methods (Art of Read the Quran) in Improving the Quality of Quran Reading and Memorization in Elementary Schools

Eldarifai (Unknown)
Syafruddin (Unknown)
Rehani (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Al-Quran sebagai pedoman bagi orang bertaqwa. Senantiasa dibaca dalam bacaan shalat dan berbagai kegiatan social Masyarakat. Sebagai wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah dan menjadi pahala bagi yang membacanya. Bacaan Al-Quran meruapakan bagian dari dzikr yang utama. Tentunya kadar pahala dan keutamaan yang diraih oleh pembacanya tergantung dari kualitas dan kuantitas bacaan. Penelitian ini dilakukan dengan Metode penelitian literatur review dengan berusaha mengumpulkan data dari referensi jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini dengan menggunakan Metode Integrasi Nagham dan Tajwid dalam pembelajaran Al-Quran dengan pendekatan tajarrud, tikrar dan tadrib membantu peserta didik agar lebih sering mengulang, karena termotivasi belajar membantu dalam tahsin dan sekaligus memahami nagham yang diajarkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...