Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode CTL Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar II SD

Kurnia, Ira Restu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Siswa merasa memahami pembelajaran IPS, hal tersebut dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang rendah. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes dengan Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mekar Mukti 05. Berdasarkan paparan data yang telah dilakukan terbukti bahwa Metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penerapan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Mekar Mukti 05 Kecamatan Cikarang Utara dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut: Tahap Prapenulisan, Tahap Penulisan, Tahap Pendrafan, Tahap pasca penulisan, Tahap Publikasi. Metode CTL dapat hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa IPS di Kelas IV SDN Mekar Mukti 05 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi terbukti dari hasil penelitian telah mencapai kriteria keberhasilan ≥80% yaitu pada siklus II kategori ide dan gagasan 83,33%, keruntutan kata dan kalimat 85,71 %, penulisan ejaan 89,29 %

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...