Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an (Telaah Surah Al Hujurat Ayat 9-13)

Musa, Muhajir (Unknown)
Gozali, Marwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Belakangan ini di tengah masyarakat yang hidup dengan gaya modern sering melupakan pentingnya pengajaran Al-Qur’an kepada anak.. Adanya permasalahan yang masih ditemukan di SMP Muhammadiyah Kupang dalam membaca Al-Qur’an sehingga perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam tata cara membaca sesuai dengan tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang di alami oleh siswa SMP Muhammadiyah Kupang dalam membaca Al-Qur’an. Dari kesulitan- kesulitan tersebut dapat pula diketahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru agama Islam untuk membantu siswa agar mampu membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Kupang dan Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi . Untuk memperoleh data-data, penulis menggunakan 2 instrumen dalam pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya kesulitan-kesulitan yang dialami siswa-siswi meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, pengenalan tanda baca, dan kelancaran dalam membaca. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya minat siswa yang kurang, motivasi dari keluarga yang kurang, alokasi waktu yang kurang memadai, dan sekolah asal lulusan siswa. Adapun strategi yang sudah dilakukan oleh para guru agama Islam di SMP Muhammadiyah di antaranya membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Talim merupakan Media Publikasi yang mempublikasikan artikel ilmiah dan hasil penelitian lapangan di bidang Pendidikan Islam yang menerapkan sistem peer review. Secara spesifik ruang lingkup jurnal ini adalah Filsafat Pendidikan Islam, Modernisasi pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, ...