Abstrak: Pertumbuhan pesat penggunaan media sosial dan aplikasi mobile, seperti Instagram, telah menciptakan peluang besar untuk memfasilitasi pemasaran digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah program pendidikan dan pelatihan yang khusus mengenai penggunaan aplikasi mobile Instagram dalam upaya memfasilitasi pemasaran digital bagi UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, karena fokusnya adalah untuk mendeskripsikan secara lengkap tentang penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan aplikasi mobile Instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Ini dilakukan melalui studi literatur dan analisis kebutuhan UMKM terkait pemasaran digital, serta pengembangan program pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Program pendidikan dan pelatihan yang dirancang mampu memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran digital menggunakan aplikasi mobile Instagram kepada UMKM, serta meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam memanfaatkannya secara efektif. Desain pendidikan dan pelatihan aplikasi mobile Instagram ini merupakan upaya yang efektif untuk memfasilitasi pemasaran digital UMKM, membantu mereka mengoptimalkan potensi media sosial dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing bisnis.
Copyrights © 2023