JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Sway Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Siswa

Albab, Ahmad Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kebutuhan media pembelajaran Microsoft Sway dalam peningkatan Critical Thinking Skill siswa kelas X pada mata pelajaran SKI Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang umum disebut dengan Research and Development (RD) Penelitian ini menggunakan level III karena di dalamnya terdapat kerjasama tentang hasil penelitian dengan peneliti lain31 responden dengan diberikan 10 item sampel sebelum menggunakan Microsoft Sway sebesar 27,48 dengan standar deviasi 3,723 sedangkan nilai rata-rata kelompok sampel setelah menggunakan Microsoft Sway sebesar 28,61 dengan standar deviasi 3,263. hasil perhitungan N-gain score di atas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk perlakuan media belajar Microsoft Sway adalah 0,08 atau 8% dimana masuk ke dalam kategori rendahHasil analisis kebutuhan pada guru dan siswa menunjukkan keduanya setuju bahwa dalam pembelajaran SKI dibutuhkan media pembelajaran berbasis video berwarna melalui aplikasi microsoft sway. Kemudian, penggunaan media berbasis aplikasi microsoft sway pada bahan ajar SKI ini diterima baik oleh guru untuk dikembangkan peneliti sebagai bahan ajar modul yang dapat membantu proses belajar di kelas maupun secara mandiri kepada siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...