JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Hubungan Konsep Diri dan Citra Tubuh pada Remaja Perempuan Generasi Z Penggemar K-Pop

Paramita, Prajna (Unknown)
Asmarany, Anugriaty Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Penampilan fisik yang menarik, membuat penggemar K-POP didominasi oleh remaja perempuan yang sangat memperdulikan penampilan fisiknya, generasi Z merupakan generasi yang aktif dalam penggunaan internet. Perhatian yang difokuskan pada penampilan disertai penggunaan internet secara terus menerus membuat remaja perempuan generasi Z penggemar K-POP mudah menginternalisasi standar kecantikan Korea, sehingga rentan akan citra tubuh negatif. Seiring perkembangan, remaja mulai melakukan refleksi terhadap dirinya dan kemudian membentuk pikiran, perasaan serta evaluasi terhadap diri yang disebut konsep diri. Konsep Diri yang positif berperan penting dalam pembentukkan Citra Tubuh positif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Konsep Diri dan Citra Tubuh pada Remaja Perempuan Generasi Z penggemar K-POP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel penelitian remaja perempuan, berusia 14-21 tahun, lahir pada tahun 2000- 2008, dan merupakan penggemar K-POP dengan jumlah 250 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Pengambilan data menggunakan skala Citra Tubuh dan skala Konsep Diri dengan teknik Likert. Hasil analisis data menggunakan korelasi One Tailed Bivariate Pearson Product- Moment menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Konsep Diri dan Citra Tubuh pada remaja perempuan generasi Z Penggemar K- POP (p=0,0000,01). Dengan nilai koefisien korelasi (r=0,642). Sehingga semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi Citra Tubuh dan semakin rendah Konsep Diri maka semakin rendah cira tubuh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...