JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02

Fauziah*, Rizka (Unknown)
Hadi, Muhamad Sofian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran interaktif adalah pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep. Dalam era teknologi digital, terdapat berbagai alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu alat yang populer adalah Quizizz Paper Mode, yang memungkinkan siswa dan guru berinteraksi melalui perangkat kertas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan manfaat Quizizz Paper Mode dalam pembelajaran interaktif di kelas III SDN Singabraja 02. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas III, di mana satu kelas (kelompok eksperimen) menggunakan Quizizz Paper Mode sebagai alat interaktif dalam pembelajaran, sedangkan kelas lainnya (kelompok kontrol) menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang melibatkan pertanyaan objektif terkait materi yang diajarkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz Paper Mode secara signifikan meningkatkan pencapaian siswa dalam pembelajaran. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam skor posttest dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, siswa dalam kelompok eksperimen melaporkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap penggunaan Quizizz Paper Mode sebagai alat interaktif. Temuan ini menunjukkan bahwa Quizizz Paper Mode efektif dalam meningkatkan pencapaian siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Penggunaan alat ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara aktif dengan materi pelajaran dan memperkuat pemahaman konsep. Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...