JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Penggunaan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Bireuen

Harifa*, Hisyi (Unknown)
Sakdiyah, Sakdiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 2 Bireuen. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan handout berbasis guided note taking pada pembelajaran sejarah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan handout berbasis guided note taking pada pembelajaran sejarah dan perbedaan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan handout berbasis guided note taking pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS MAN 2 Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dan desain one group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Bireuen tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 empat kelas berjumlah 104 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS MAN 2 Bireuen yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji t (hipotesis) beda dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa handout berbasis guided note taking dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Hal ini diketahui melalui uji hipotesis nilai thitung = 9,920 dan ttabel pada taraf α (0,05) dengan df = 22 adalah 2,074, berarti menunjukkan bahwa kriteria uji thitung ttabel atau 9,920 2,074 pada taraf signifikasi α =5% (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang nyata (signifikasi) sebelum dan sesudah penggunaan handout berbasis guided note taking pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 2 Bireuen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...