Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecanduan game online yang membuat siswa kurangĀ disiplin terhadap waktu (bermalas-malasan) serta siswa kurang peka terhadap lingkungan sekitar hanya peka terhadap teman yang ada di dunia maya. Jenis penelitian adalah kualitatif. Data diperoleh dari guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Sah tidaknya data dilakukan uji triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian didapatkan bahwa beberapa upaya telah dilakukan oleh guru untuk meminimalisir candu game online pada siswa; Menegur dan memberi pemahaman bahwa main HP boleh tapi ada waktunya, mengalihkan perhatian siswa yang kecanduan game online dengan banyak memberikan PR, Menyisipkan pesan kepada siswa tentang bahaya main game online secara berlebihan bagi masa depan serta memberikan nasehat-nasehat secara lemah lembut yang bisa menyentuh hati siswa yang kecanduan game online. Kendati demikian, berapa pun banyaknya upaya yang dilakukan oleh guru, peneliti nilai tidak kurang mampu meminimalkan rasa ingin terus main game online siswa hal ini dikarenakan sebagian besar waktu yang digunakan oleh siswa ada di lingkunagn keluarga, bersama orang tua.
Copyrights © 2021