JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 2 (2023): April, Social and Religious Aspect in History, Economic Science and Law

Studi Komparasi Hasil Belajar IPA Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Melalui Media Bagan dan Still Picture Kelas IV SDN Genengan

Kusumawati, Naniek (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan  hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournement (TGT) melalui media Bagan dan Still Picture pada siswa kelas IV SDN Genengan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Genengan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Penentuan sampel dengan teknik Sampling jenuh yaitu kelas IV SDN Genengan 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 22 siswa dan kelas IV SDN Genengan 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar IPA siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan rataan (uji t) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil analisis uji perbedaan rataan (uji t) diperoleh tobs = 2,901 dan DK = . Karena tobs  DK maka H0 ditolak, ini berarti ada perbedaan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournement (TGT) melalui media Bagan dan Still Picture pada siswa kelas IV SDN Genengan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...