JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Mesia Stik Es Krim di SD Muhammadiyah Kademangaran

Alin*, Masul Yahdi (Unknown)
Hadi, Muhamad Sofian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media stik es krim. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),model yang digunakan adalah Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD MUHAMMADIYAH KADEMANGARAN TEGAL yang berjumlah 14 siswa. Tehnik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan tes,observasi,dan dokumentasi.Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media stik es krim dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas 2 SD MUHDIKA. Nilai rata-rata kelas pada sebelum tindakan mencapai 64,61 dan mengalami peningkatan pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu dari 78,46 menjadi 86,92. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan siswa yaitu dari 6 atau 46,15% siswa yang tuntas,menjadi 9 atau 69,23% siswa yang tuntas,pada siklus 1 dan siklus 2 menjadi 11 atau 84,61%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...