Tujuan atas terlaksanakannya penelitian ini ialah dalam rangka mencari tahu strategi media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta terkait penerbitan kebijakan pimpinan dan mendapatkan gambaran terkait strategi media relations dalam konteks humas pemerintahan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan ialah kualitatif. Data yang disajikan saat meneliti yakni melalui wawancara (interview) serta observasi. Metode dalam mengambil sampelnya ialah purposive sampling. Teknik pemeriksaan keabsahan yang digunakan triangulasi sumber data. Saat meneliti, peneliti memanfaatkan teknik analisis serta interaktif yaitu data display (menyajikan data), data reduction (mereduksi data), conclusion drawing (menyimpulkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Humas Pemerintah Kota Surakarta telah melaksanakan atau menerapkan strategi media relations menurut teori Yosal Iriantara ada 3 strategi media relations yang diterapkan yakni pengelolaan relasi dengan media, mel’akukan pengembangan strategi serta pengembangan media dengan jaringannya dan 2) bisa diamati berdasarkan analisis dan pembahasan dengan didasarkan pada perolehan data, Humas Pemerintah Kota Surakarta sudah menerapkan atau melaksanakan strategi media relations seoptimal mungkin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022