Kejadian gawat darurat dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja. Upayayang dilakukan untuk menyelamatkan korban harus dilakukan secara cepat dan tepat, karena dapatmengakibatkan kecacatan permanen hingga kematian. Anak-anak usia sekolah dasar merupakankelompok usia yang beresiko tinggi mengalami kecelakaan. Guru sebagai pendidik dan pendampinganak disekolah menjadi bagian penolong pertama bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan bantuan hidup dasar (BHD) danpertolongan pertama. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional dengan rancanganDesckriptif Analisis dan menggunakan metode Total Sampling sebagai cara dalam pengambilansampel. Sampel penelitian sebanyak 44 guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan jenis mataajar yang diampu, pengalaman pelatihan, pengalaman menolong, paparan sumber informasi, motivasiterhadap pengetahuan BHD dan pertolongan pertama menjadi faktor yang mempengaruhipengetahuan para guru sekolah dasar (p< 0,05). Hasil penelitian memberikan saran kepada pemerintahuntuk dapat membekali setiap guru sekolah dasar pengetahuan BHD dan pertolongan pertama.
Copyrights © 2023