Al Iidara Balad : Jurnal Administrasi Negara
Vol. 4 No. 2 (2022): Al Iidara Balad

KUALITAS PELAYANAN PROGRAM PENDIDIKAN NON FORMAL KELOMPOK BELAJAR (KEJAR) PAKET C SETARA SMA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Barkatullah, Barkatullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan Program Pendidikan Non Formal Kelompok Belajar (KEJAR) Paket C Setara SMA Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Hulu Sungai Utara dan faktor yang menghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriftif-kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Hulu Sungai Utara cukup baik dilihat dari tangibles (bukti fisik) meliputi; kondisi fasilitas Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) tergolong cukup baik, teknologi penunjang proses belajar mengajar tergolong kurang baik, reliability (kehandalan) meliputi; ketepatan waktu masih tergolong kurang baik, pelayanan sudah cukup baik dengan selalu memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh masyarakat, Akurasi guru/tutor cukup baik, responsiveness (ketanggapan) meliputi; pelayanan yang cepat masih kurang baik, penyampaian informasi yang kurang baik, Assurance (jaminan dan kepastian) meliputi; komunikasi (communication) cukup baik, kredibilitas (credibility) petugas pelayanan cukup baik, keamanan (security) cukup baik, kompetensi guru/tutor kurang baik, sikap ramah dan sopan santun petugas cukup baik, empathy (perhatian) yang meliputi; sikap perhatian petugas cukup baik, rasa nyaman dan kemudahan bagi masyarakat cukup baik. Faktor penghambat kualitas pelayanan meliputi kurang memadainya sarana informasi pelayanan dan tidak sesuainya jadwal pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Upaya yang dilakukan mengatasi hambatan meliputi penyediaan sarana informasi pelayanan dan penambahan tenaga pendidik atau tutor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aliidarabalad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Governance, Leadership, Public organizations, Public policy, Public service, Management, Law ethics, Bureaucratic administration and government. Human ...