KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Vol 1, No 4 (2022): KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

ANALISIS BISNIS MODEL CANVAS TOKO DISTRO BENIHANA CIANJUR

Faturohman, Farhan (Unknown)
Bahtiar, Dandi (Unknown)
Sulaeman, Pradika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

This research is an application of the Business Model Canvas at Toko Benihana, a shop that sells secondary needs such as clothes, shoes and others. This research was conducted to see the effectiveness of the BMC method at the Benihana store. The research was conducted using a qualitative method, and data collection was carried out by interview and direct observation. The method of determining the number of samples used is non-probability sampling, with acidential sampling. The samples collected were 103 samples with the key samples being the manager and 2 Benihana store employees. The results showed that the application of BMC is still lacking in terms of Customer Relationships, namely the skills of marketing staff still need to be improved in terms of Customer Relationships. By increasing the Customer Relationship skills of marketing staff, offline sales can be further improved. The next finding is the importance of using social media massively to increase sales. We assess the need for guidance and mentoring to improve employee skills. These findings are expected to be input for the government so that the government can provide assistance to MSME players in the form of training and mentoring.ABSTRAKPenelitian ini merupakan penerapan Business Model Canvas pada Toko Benihana yaitu toko yang menjual kebutuhan sekunder seperti baju, sepatu dan lain-lain. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas metode BMC pada toko Benihana. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Metode penentuan jumlah sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan sampling acidential. Sampel yang berhasil dikumpulkan sebanyak 103 sampel dengan sampel kunci adalah manajer dan 2 karyawan toko Benihana. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan BMC masih kurang dalam hal Customer Relationships, yaitu keterampilan staf pemasaran masih perlu ditingkatkan dalam hal Customer Relationships. Dengan meningkatnya skill Customer Relationship staf pemasaran maka penjualan offline bisa lebih ditingkatkan. Temuan selanjutnya adalah pentingnya menggunakan media sosial secara masif untuk meningkatkan penjualan. Kami menilai perlu adanya bimbingan dan pendampingan untuk meningkatkan skill karyawan. Temuan ini diharapkan menjadi masukan bagi pemerintah agar pemerintah bisa memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM berupa pelatihan dan pendampingan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KONTAN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis (KONTAN) adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN 2829-2154 dan diterbitkan oleh Divisi Riset dan Publikasi Ilmiah CV. Wdiina Media Utama sejak tahun 2022. Jurnal KONTAN merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan temuan ...