INFOMATEK: Jurnal Informatika, Manajemen dan Teknologi
Vol 26 No 1 (2024): Volume 26 No. 1, Juni 2024

Game Pembelajaran Tajwidmu Berbasis Android Menggunakan Metode Agile

Purwati, Nani (Unknown)
Subkhi, Dicky Fajar (Unknown)
Kiswati, Sri (Unknown)
Hasan, Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Game pembelajaran berbasis android berfungsi sebagai media tambahan untuk belajar karena tidak sedikit dari kaum muslimin di indonesia yang masih kesusahan untuk mengingat dan menerapkan ilmu tajwid pada saat membaca  kitab suci Al-Qur’an. Dari sini kemudian penulis merancang aplikasi game belajar Tajwidmu yang bertujuan untuk membantu dan mempermudah pengguna atau user sebagai media belajar selain buku berbentuk fisik, selain itu game tajwidmu ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka tentang ilmu tajwid dari skor yang diperoleh pada saat game berakhir. Aplikasi pembelajaran berbasis android ini harapannya bisa dipakai oleh semua kalangan usia. Metode yang dipakai untuk pengembangan game Tajwidmu ini adalah agile development, metode tersebut dipilih berdasarkan dari segi kelebihannya yaitu segi keefisienan dalam mengembangkan suatu aplikasi. Hasil akhir dari pengimplementasian metode pengembangan agile development menunjukan bahwa metode ini menghasilkan game pembelajaran tajwidmu berbasis android yang dapat membantu pengguna dalam mempelajari ilmu tajwid di mana saja dan kapan saja selain dari buku berbentuk fisik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

infomatek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal INFOMATEK merupakan jurnal perencanaan, pengembangan dan penerapan teknologi yang mewadahi hasil penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya di bidang INFORMATIKA, MANAJEMEN dan TEKNOLOGI. Jurnal ini ber tujuan untuk mendesiminasikan hasil dharma penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya kepada ...