AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu dengan jumlah populasi 8 orang guru. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan apabila kurang dari 100 subjek. Data penelitian dikumpulkan dengan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis perhitungan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2,86. Kegiatan beserta metode dan media yang paling sering digunakan oleh guru dalam mengoptimalkan motorik kasar anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu yaitu menari dengan metode latihan dan media audio, senam dengan metode praktek langsung dan media audio, gerak dan lagu dengan metode praktek langsung dan media lagu dan gerak, berjalan di atas papan titian dengan metode praktek langsung dan media papan titian, melompat dengan satu kaki dengan metode praktek langsung dan media gambar telapak kaki, dan berjalan jinjit dengan metode praktek langsung dan media garis lurus.Kata Kunci : Upaya Guru, Perkembangan Motorik KasarĀ 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021