Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran motorik halus pada masa pandemi covid-19 se-gugus Kembang Sepatu Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskripstif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total samplingĀ  dengan jumlah populasi dan sampel penelitian sebanyak 24 orang guru kelas yang mengajar di PAUD se-gugus Kembang Sepatu Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan rumus persentase. Hasil kendala Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Motorik Halus Pada Masa Pandemi Covid-19 di PAUD se-gugus Kembang Sepatu kota Bengkulu berada pada kategori tinggi, artinya guru PAUD se-gugus KembangĀ  Sepatu kota Bengkulu kerap mengalami kendala dalam perencanaan dan pelaksanaan Pembelajaran Motorik Halus secara daring. Seperti guru kerap mengalami kendala dalam tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, rancangan kegiatan, merancang media pembelajaran, merancang penilaian secara daring. Guru kerap mengalami kendala dalam melakukan pelaksanaan pembelajaran motorik halus secara daring, seperti guru kerap mengalami kendala dalam kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk mengusai keterampilan untuk membuat RPPH sesuai dengan pedoman yang ada, guru lebih harus untuk mempersiapkan diri dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan untuk menghadapi pembelajaran secara daring. seperti guru kerap mengalami kendala dalam menetukan tujuan pembelajaran guru harus memahami bahwa tujuan pembelajaran itu diambil KI dan KD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021