Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 12 No 3 (2023)

Peran Digital Marketing dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Bisnis yang Berkelanjutan pada Usaha Mikro dan Kecil Agribisnis di Polewali Mandar

Fitri (Universitas Sulawesi Barat)
Rizky Ariesty Fachrysa Halik (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Polewali Mandar merupakan kabupaten dengan jumlah usaha mikro dan kecil (UMK) terbanyak. Namun berdasarkan data BPS Sulawesi Barat tahun 2022, telah terjadi penurunan jumlah unit usaha di daerah tersebut.  Selain dampak pandemi, kurangnya pemanfaatan teknologi dan inovasi menjadi alasan banyaknya usaha yang tidak mampu mempertahankan kinerja bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara digital marketing dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis yang berkelanjutan pada UMK agribisnis.  Konsep kinerja bisnis berkelanjutan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengukuran kinerja berdasarkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Peneltian ini merupakan studi kuantitatif, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan kriteria usaha mikro dan kecil di Kabupaten Polewali Mandar yang bergerak disektor  agribisnis, data dikumpulkan melalui teknik wawancara. Karena studi ini ingin mengeksplorasi hubungan antar variabel dan ukuran sampel yang  kecil maka metode analisis data yang digunakan ialah partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing tidak berpengaruh signifikan sedangkan inovasi produk berpengaruh positif  signifikan terhadap kinerja bisnis yang berkelanjutan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JISH

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (JISH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JISH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical perspective in society and ...