EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
Vol. 12 No. 1 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)

Analisis Efektivitas Penggunaan Bintang Iklan Dian Sastrowardoyo Versi Film AADC II dengan Pendekatan Epic Model terhadap Keputusan Beli Air Mineral Aqua di Kota Yogyakarta

Ziw Urim Togatorop (Unknown)
Sri Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang efektivitas iklan televisi air mineral botol “Aqua” yang menggunakan Dian Satrowardoyo sebagai bintang merek dalam versi AADC II. Penelitian ini menggunakan pendekatan model EPIC untuk keputusan pembelian merek “Aqua” di Yogyakarta untuk memahami dampak Emphaty, Persuasion, Impact, Communication (EPIC) terhadap keputusan pembelian AADC II Aqua Product Version di Yogyakarta. Hasil uji-t, menunjukkan bahwa empati, persuasi, dampak, variabel komunikasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk “Aqua”. Penelitianmenunjukkan bahwa Aqua memiliki skor efektivitas 3,814 (Empati), 3,945 (Persuasi), 3,85 (Dampak), dan 3,62 (Komunikasi). Dengan demikian, setiap dimensi iklan menunjukkan tetap dalam skala efektif. Berdasarkan jenis kelamin, mayoritas responden adalah perempuan (jumlah 58) dan laki-laki adalah 42 orang. Berdasarkan usia, sebagian besar responden berada dalam usia antara 16 hingga 25 tahun (80 orang). Mayoritas responden adalah mahasiswa yang berjumlah 56 orang (56%), dan kisaran tingkat pendapatan Rp 1.000.000, - hingga Rp 2.000.000, - berjumlah 41. Durasi menonton adalah 1 hingga 3 jam dengan frekuensi dominan "sering" adalah 62 orang dan sebagian besar orang dengan perilaku penonton menonton iklan berjumlah 46 orang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control ...