Jurnal of Education Partner
Vol. 1 No. 1 (2022): MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN PERAN KOMITE

PEMBELAJARAN DIFRENSIASI: PENDEKATAN ALTERNATIF DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP QURRATUL UYUN TRASAK LARANGAN PAMEKASAN

Syaiful Anam (Universitas Madura)
Marsum Marsum (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran difrensiasi, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif - deskriptif, Sumber data yang diperoleh melalui wawancara dan Observasi, sedangkan informan untuk memperoleh data penelitian adalah Kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran difrensiasi dapat membantu meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, dikarenakan pembelajaran difrensisasi memberikan banyak alternatif bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menerapkan suasana pembelajaran sesuai minat dan kebutuhan siswa. Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Qurratul Uyun menerapkan pembelajaran dengan variasai pendekatan seperti:Poster, Komik, Mind Map atau Role Play, disamping itu pembelajaran difrensiasi mampu meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Qurratul Uyun yang ditandai dengan peningkatan Religiusitas Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

The journal of education partner published an article on the theme of education, using the language of Indonesia or the United Kingdom that includes the study of literature, conceptual thinking and research results in the field of education. These journals give priority to studies related to Islamic ...